Berita

Mewujudkan Peternakan Maju, Mandiri, dan Modern |
Blog Single

Mewujudkan Peternakan Maju, Mandiri, dan Modern |

Pada Kamis, 27 Juli 2023, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Bidang Produksi Peternakan telah berhasil menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Satuan Pelayanan Inseminasi Buatan (SP-IB) Se-Pulau Lombok. Acara ini berlangsung dengan lancar di Kelompok Tani Pida Lestari, Dusun Pidada, Desa Sintung, Kabupaten Lombok Tengah, dan dihadiri oleh berbagai pihak penting.

Pertemuan ini dihadiri oleh Bapak Pajarudin, S.Pt selaku perwakilan Kepala Bidang Produksi Peternakan Lombok Tengah yang mewakili Bapak Bupati Lombok Tengah, Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Wakil Direktur RSUD Kota Mataram, Dr. Hj. Eka Nurhayati, Sp. OG, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Muhamad Riadi, S.P, M.Ec. Dev, dan Kepala Balai Inseminasi Buatan Banyumulek, Muhammad Nur.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Pajarudin, S.Pt menekankan bahwa Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu sentra penghasil bibit sapi Bali terkemuka di Indonesia, yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Mentan Tahun 2015. Selain itu, saat ini Kabupaten Lombok Tengah juga memiliki populasi ternak sapi terbesar di Pulau Lombok. Pada tahun 2022, populasi sapi mencapai 173.303 ekor dengan jumlah peternak sebanyak 55.710 kepala keluarga. Tahun 2023 menjadi tahun dengan target ambisius, yaitu melayani 60.000 akseptor Inseminasi Buatan yang diharapkan dapat menghasilkan kelahiran sebanyak 28.350 ekor sapi.


Related Posts: