Berita

Pelatihan Pertanian Tematik untuk Mendukung Gerakan Pertanian Pro Organik di UPT HPT Keswan Kec. Pringgarata
Blog Single

Pelatihan Pertanian Tematik untuk Mendukung Gerakan Pertanian Pro Organik di UPT HPT Keswan Kec. Pringgarata

UPT HPT dan Keswan Kecamatan Pringgarata merupakan salah satu kelembagaan pertanian di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Dalam rangka mendukung gerakan pertanian pro organik (Genta Organik), maka dilaksanakan kegiatan pelatihan tematik pertanian di UPT HPT dan Keswan Kecamatan Pringgarata pada tanggal 13 Juli 2023.


Pelatihan Tematik merupakan pola pembelajaran dengan tema dan materi yang disusun berdasarkan potensi pertanian yang ada. Pelatihan dilaksanakan dengan penyampaian materi oleh narasumber dan dilanjutkan dengan praktek langsung.


Pelatihan Tematik kali ini mengangkat tema “Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Bokashi, Biosaka dan Pestisida Nabati”, dihadiri oleh petani yang mewakili masing-masing desa dan seluruh penyuluh pertanian se-Kecamatan Pringgarata. Materi disampaikan oleh narasumber, Koordinator PPL Baiq Sri Ramayanti, S.ST dan POPT Kecamatan Pringgarata Nurhidayat Budi, SP.


Seluruh peserta sangat bersemangat mengikuti pelatihan tematik ini, bahkan ada beberapa petani Hortikultura yang sudah mulai beralih ke pertanian organik, sangat antusias mempelajari pembuatan produk-produk pertanian organik yang disampaikan.


Sesuai dengan tujuan mendukung gerakan pertanian pro organik, pengembangan produk-produk pertanian harus mengacu pada prinsip-prinsip organik agar mendapatkan hasil pangan yang bermutu serta aman untuk dikonsumsi. Pembuatan pupuk kompos Bokashi, Biosaka dan Pestisida Nabati didukung oleh ketersediaan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Semua bahan yang digunakan mudah didapat, bahkan tanpa mengeluarkan tambahan biaya lain.


Related Posts: