Berita

Sorgum Bioguma 1
Blog Single

Sorgum Bioguma 1

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang bijinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, daun untuk pakan ternak, dan batangnya untuk bahan baku industri seperti bioetanol.

Sorgum Bioguma merupakan varietas unggul baru (VUB) yang dilepas Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitangtan). Dibandingkan sorgum pada umumnya, tanaman ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya batang lebih besar, tingkat kemanisan atau kandungan brix lebih tinggi, serta volume nira dan produksi biji yang lebih tinggi.

Sorgum bioguma merupakan hasil pemuliaan dari sorgum varietas Numbu. Setelah diberi perlakuan mutasi, seleksi dan uji multilokasi, dihasilkan tiga VUB masing-masing bernama Bioguma 1, Bioguma 2 dan Bioguma 3.

Jika dideskripsikan, ketiga VUB ini memiliki ciri tinggi tanaman mencapai 266 cm, bobot biomassa 54,30 ton/hektar, volume nira sekitar 122 ml, potensi hasil 9,3 ton/hektare, kandungan brix sekitar 15% serta tahan terhadap penyakit karat daun dan busuk batang. (Sumber BB Biogen)

Deskripsi Sorgum Manis Varietas Bioguma 1 Agritan

Asal:Perbaikan varietas Numbu menggunakan iradiasi sinar gamma 59 Gy.Pada eksplan mata tunas dengan metode kultur in vitro
Tinggi tanaman:± 266 cm
Warna biji:krem
Bobot 1000 biji:±32,73 gram pada kadar air 12%
Bobot biomassa:± 46,08 ton/ha
Volume nira:± 122,39 ml
Potensi hasil:± 9,26 ton/ha pada kadar air 12 %
Rata-rata hasil:± 7,00 ton/ha pada kadar air 12 %
Kadar tanin:± 0,13 %
Kandungan brix:± 15,5 %
Ketahanan terhadap hama dan penyakit:Tahan terhadap penyakit karat daun, penyakit bercak daun, agak tahan terhadap penyakit antraknosa dan sangat tahan terhadap penyakit busuk batang
Keterangan:Beradaptasi baik pada lingkungan luas,berpotensi sebagai bahan baku energi

Related Posts: