DETAIL BERITA

PETANI SEMANGKA LOMBOK TENGAH MULAI MELIRIK POTENSI SEMANGKA TANPA BIJI

PETANI SEMANGKA LOMBOK TENGAH MULAI MELIRIK POTENSI SEMANGKA TANPA BIJI


Tanaman semangka di kabupaten lombok tengah bukanlah hal yang unik dikembangkan karena petani sudah sangat familiar dengan tanaman semangka. Secara geografis tanaman semangka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah dataran rendah seperti wilayah selatan lombok tengah.
Penanaman semangka yang umum dilakukan oleh petani wilayah selatan lombok tengah dilakukan pada Musim Kemarau (MK.I dan MK.II) sehabis panen raya padi yang dimulai sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus setiap tahun.
Untuk tahun 2018 luas panen tanaman semangka tercatat sebanyak 557 hektar dengan jumlah produksi sebanyak 158.743 ton. hingga bulan juni 2019, luas tanaman semangka tercatat sebanyak 393 hektar dengan luas panen sebanyak 104 hektar, jumlah produksi sebanyak 61.440 ton. Sebaran lokasi pengembangan tanaman semangka di kabupaten lombok tengah terdapat di beberapa kecamatan seperti kecamatan pujut, praya barat dan praya timur, jenis semangka yang umum dibudidayakan oleh petani selama ini adalah jenis semangka berbiji.
Potensi ini didorong untuk dikembangkan oleh pemerintah daerah dalam hal ini dinas pertanian dengan menjalin kerjasama sinergi dengan pihak swasta untuk mengembangkan tanaman semangka berbagai jenis, satu diantaranya adalah tanaman semangka tanpa biji.
Adalah kelompok tani Muge Rahayu dusun Kadek II Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut sebagai pelopor pengembangan tanaman semangka tanpa biji dengan luas penanaman sebanyak 15 hektar. Introduksi pengenalan varian semangka tanpa biji kepada petani bertujuan untuk memperkaya jenis tanaman semangka dalam Testosterone Propionate dose meningkatkan kualitas dan produksi berdasarkan segmen pasar tertentu sesuai kebutuhan konsumen.