DETAIL BERITA

Launcing

Launcing


Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah berdasarkan Peraturan Bupati Nomor : 75 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah. Adapun sturktur organisasi Dinas Pertanian terdiri dari Sekretariat Dinas dan 6 bidang yaitu Bidang Tanaman Pangan, Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bidang Perkebunan, Bidang Hortikultura dan Bidang Penyuluhan.
Sedangkan fungsi yang diemban oleh Dinas Pertanian adalah membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pertanian yang menjadi kewenangan Daerah Kabupaten dan Tugas Pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah Kabupaten Lombok Tengah.
Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah menetapkan visi yaitu : “Terwujudnya Sistem Pertanian Berkelanjutan yang menghasilkan Produk Pertanian Bernilai Tinggi Berbasis Sumberdaya Lokal yang didukung Profesionalisme Penyuluh Pertanian untuk Peningkatan Pendapatan Petani yang Beriman, Sejahtera dan Bermutu”
Sedangkan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah melaksanakan 4 misi yaitu :
1) Meningkatkan Produksi Komoditas Pertanian,
2) Mengembangkan Agribisnis,
3) Mengembangkan Sarana Prasarana dan Teknologi Pertanian dan
4) Meningkatkan Kapasitas SDM Pertanian.
Dengan visi dan misi yang diemban tersebut, merupakan tugas berat bagi elemen yang ada di Dinas Pertanian untuk mewujudkannya, sehingga dibutuhkan strategi, koordinasi, kerja keras, kebersamaan dan penerapan berbagai inovasi demi merealisasikannya.
Salah satu elemen yang memiliki andil besar untuk mensukseskan visi dan misi Dinas Pertanian tersebut adalah para penyuluh pertanian.  Sebagai garda terdepan dalam melaksanakan pembangunan pertanian,  penyuluh pertanian dalam melaksanakan peran dan fungsinya, perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu juga dibutuhkan materi penyuluhan dan informasi pertanian yang kekinian dan yang dibutuhkan oleh petani.
Dinas pertanian juga memiliki beberapa tugas dan fungsi lain seperti penyuluhan pertanian, merumuskan kebijakan pertanian, memutus kebijakan bidang pangan, administrasi ketatausahaan pertanian, pembinaan teknis pada pihak-pihak bidang pertanian, memastikan ketersedian pupuk pertanian dan lewat kementrian pertanian bekerja sama dengan Bank BRI memberikan Kartu Tani kepada petani untuk dapat menerima pupuk bersubsidi dari pemerintah. Selain itu, dinas pertanian juga adalah penjamin kesejahteraan petani melalui program asuransi usaha tani padi (AUTP) dan Ansuransi Usaha Tani Sapi (AUTS). terkait dengan fungsi dan tugasnya, dinas pertanian memiliki wewenang untuk mengeluarkan surat izin pertanian, izin alih fungsi, izin usaha pertanian, pembukaan lahan dan izin lainnya terkait pertanian.
Dinas pertanian berlokasikan di jantung kota praya, Kabupaten Lombok Tengah, yang di pimpin langsung oleh Bapak Lalu Iskandar, SP.MM sebagai kepala Dinas dan Bapak Taufikkurahman PN, S.Pt.,M.Sc.,M.Eng. sebgai Sekretaris Dinas, dengan terbukanya informasi maka Dinas pertanian melauncing “POJOK Infromasi Sahabat Tani Tastura” sebagai aktualisasi dan peran serta pemerintah untuk pembangunan Kabupaten Lombok Tengah, disamping itu juga fungsi POJOK Informasi Sahabat Tani Tastura adalah memberikan pelayanan informasi, informasi inovasi teknologi pertanian, data publikasi pertanian, kepada Masyarakat Lombok Tengah khususnya yang berkaitan langsung dengan Informasi pertanian.