DETAIL AGENDA

PENYUSUNAN PROGRAMA TINGKAT KABUPATEN


Penyusunan Programa Penyuluhan Tingkat Kabupaten Tahun 2021

Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah

Programa adalah arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan

Sambutan Kepala dinas yang diwakili oleh Sekretaris Dinas (Taufikurrahman Pua Note, S.Pt. M.Sc. M.Eng.) menjelaskan bahwa penekanan dalam penyususnan programa ini diantaranya :

  1. Programa sebagai pengendali kegiatan (sesuai permentan no. 47 tahun 2016) bahwa program dan kebijakan yang mengarah pada peningkatan kemampuan SDM penyuluh.
  2. Prorgrama sebagai arah pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian.
  3. Penyuluh dapat dikatakan “Soft Component” dalam kegiatan pertanian.
  4. Programa tahun 2021 harus memberikan warna yang menggambarkan penyuluh sebagai penyuluh yang dirindukan petani.

DSC05171-min.JPG

Selain itu juga taufikurrahman pua note sampaikan disela sambutannya menjelaskan bahwa arah kebijakan RPJMD diantaranya :

  1. Penerapan panca/sapta usaha tani = menjadikan petani yang mandiri
  2. Peningkatan kapasitas petani
  3. Penataan kawasan pertanian unggulan = penataan daerah kawasan pertanian yang berbasis agro wisata baik pengembangannya.
  4. Peningkatan kualitas layanan irigasi
  5. Peningkatan populasi ternak.

Dari 5 arah kebijakan yang disampaikan bahwa peran penting dari penyuluh sebagai garda terdepan untuk dijadikan ujung tombak demi berjalannya arahan maupun kebijakan pemerintah yang sedang berjalan.

Disamping itu juga beliau menyinggung program/kegiatan masing-masing bidang yang berkenaan dengan seksi-seksi yang ada dimasing-masing bidang yang dimana nantinya kepala bidang selaku Narasumber menyampaikan tidak jauh dari program dan kegiatan yang dimilikinya dan target yang ingin dicapainya.

Dalam penyusunan programa tingkat kabupaten sesuai amanat permentan no 47 tahun 2016 adalah mengarah pada perubahan SDM penyuluh maka program dan kebijakan yang mengarah pada peningkatan kemampuan SDM penyuluh menjadi grade line dalam penyusunan programa tahun 2021. Programa tahun 2021 harus menitik beratkan pada pemberdayaan penyuluh dengan memaksimalkan semua program dan kebijakan yang ada di Dinas Pertanian sebagai ikhtiar mencapai tujuan.